Bonn Challenge Terima Komitmen Asia Pulp & Paper untuk Mendukung Perlindungan dan Restorasi Lansekap Hutan Indonesia

APP turut mendukung inisiatif tingkat global untuk merestorasi jutaan hektar lahan hutan

Paris, 8 Desember 2015 – Asia Pulp & Paper Group (APP) mengumumkan bahwa komitmennya untuk mendukung perlindungan dan restorasi satu juta hektar lahan hutan di Indonesia telah diterima dalam Bonn Challenge – inisiatif restorasi hutan paling komprehensif di dunia. Dengan ini, APP menjadi perusahaan swasta pertama dan satu-satunya yang komitmennya diterima dalam Bonn Challenge. Inisiatif global ini bertujuan merestorasi 150 juta hektar lahan terdegradasi pada tahun 2020, dan setidaknya 350 juta hektar di tahun 2030.

Komitemen APP diumumkan pada acara Global Forest and Climate Change Programme yang diselenggarakan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) di ajang COP21 (Conference of Parties ke-21) di Paris. India, Meksiko dan Pakistan juga mengumumkan komitmen perlindungan hutannya pada forum ini. Saat ini, lebih dari separuh target Bonn Challenge sudah tercapai, dengan adanya belasan komitmen terhadap upaya restorasi hutan global.

“Bonn Challenge berperan penting dalam menetapkan agenda bagi para pemain global, termasuk sektor swasta dan publik, untuk bekerja sama dalam melindungi dan merestorasi hutan di dunia,” ujar  Aida Greenbury, Managing Director Sustainability APP.  “Keberlanjutan dari seluruh lansekap harus dipertimbangkan. Para pemangku kepentingan harus bekerja sama untuk memastikan bahwa hutan di seluruh dunia dikelola dengan benar dan mendukung target-target perubahan iklim yang lebih luas.”

“Kami bangga menjadi pelopor sektor swasta dalam upaya melindungi dan merestorasi hutan di Indonesia, dan kami bangga usaha kami dalam hal ini mendapat pengakuan dari Bonn Challenge,” lanjutnya. Di tahun 2014, APP bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, LSM pemerhati lingkungan dan berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk menyusun rencananya mendukung restorasi dan pelestarian satu juta hektar lahan hutan di Indonesia. Sekitar 600,000 hektar diantaranya terletak di dalam rantai pasokan APP. Komitmen ini diumumkan setahun setelah APP menerapkan Kebijakan Konservasi Hutan (Forest Conservation Policy / FCP), yang secara permanen menghentikan pembukaan hutan alam di seluruh bagian rantai pasokannya.

Bonn Challenge dipantau oleh Kemitraan Global untuk Restorasi Lansekap Hutan  (Global Partnership on Forest Landscape Restoration), dengan IUCN memegang posisi sekretariat. APP berpartisipasi dalam peluncuran 2015 Bonn Challenge di Jerman di awal tahun ini. Bersama pimpinan 30 negara dan organisasi internasional – termasuk World Resources Institute (WRI), Kementerian Federal untuk Lingkungan, Konservasi Alam, Gedung dan Keamanan Nuklir dari Pemerintah Jerman – APP turut menyusun inisiatif global untuk merestorasi hutan dunia dengan menggunakan pendekatan lansekap.

Pengumuman ini menyusul berbagai komitmen APP yang diumumkan selama ajang COP21. Diantaranya,  APP berkomitmen mendukung 500 desa di Indonesia melalui program wanatani (agroforestry). Selain itu, APP juga mengumumkan keterlibatannya dalam sebuah inovasi  pengelolaan lansekap baru, yaitu Aliansi Eko-Kawasan Sumatra Selatan; perannya sebagai Ketua dari Asia-Pacific Rainforest Recovery Private Sector Roundtable yang dicetuskan Pemerintah Australia;  serta rencananya membuat mekanisme pendanaan langsung untuk perlindungan hutan.
ENDS

Tentang APP Indonesia

Asia Pulp & Paper Group (APP) adalah nama dagang untuk kelompok perusahaan manufaktur pulp dan kertas di Indonesia dan China. APP bertanggung jawab untuk menyediakan produk berkualitas untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat akan tisu, packaging, dan kertas. Setiap hari, produk kami berada di tangan para konsumen dalam berbagai bentuk dan merek di seluruh dunia.
Dimulai di tahun 1972 dengan Tjiwi Kimia yang memproduksi soda kaustik (caustic soda), sekarang kami memiliki operasi di seluruh Indonesia dan China dengan kapasitas produksi gabungan pulp, kertas, packaging dan converting sebesar lebih dari 20 juta ton per tahun. Sekarang, APP memasarkan produknya ke lebih dari 120 negara di enam benua.
Dalam perjalanan kami, kami telah memperluas operasi kami secara signifikan melalui akuisisi dan ekspansi beberapa pabrik pulp dan kertas. komitmen kami bagi kepuasan pelanggan memungkinkan kami untuk terus meningkatkan pangsa pasar kami di pasar dunia dan memperluas keberadaan kami melalui kantor kami di berbagai negara. Kami percaya 'tradisi dan modernitas berjalan berdampingan' yang berarti kami menghargai hubungan jangka panjang sebagai bagian dari tradisi Timur, namun kami juga berhasrat untuk merangkul nilai nilai modern akan inovasi dan efisiensi.
Menjaga integritas rantai pasokan kami juga sangat penting bagi operasional APP, selain komitmen terhadap Sustainability Roadmap Vision 2020 mulai Juni 2012 dan Forest Conservation Policy mulai Februari 2013 demi memperbaiki kinerja lingkungan hidup, perbaikan alam dan perlindingan hak berbagai komunitas yang ada. Obyektif utama kami dalam perjalanan ini adalah untuk menjamin semua pemasok kami mendapatkan perlindinganHigh Conservation Value (HCV) dan High Carbon Stock (HCS), perlindungan lahan gambut dan menjadi be 100% Sustainable Forest Management (SFM) certified di tahun 2020.
Di bulan April 2014, APP meluncurkan komitmen nya untuk mendukung perlindungan dan perbaikan satu juta hektar hutan di Indonesia. Sejalan dengan inisiatif tersebut, sampai dengan tahun 2015 APP dan semua pemasoknya telah mengalokasi kurang lebih 600.000 hektar lahan pemasok yang diperuntukkan bagi perbaikan ekosistem.
Pelajari lebih lanjut langkah yang diambil APP dalam memenuhi target kesempurnaan operasionalnya, dengan membaca Sustainability Report and Forest Conservation Policy di www.asiapulppaper.com.

 

 

05.06.2017 | Laura B.
WORLD ENVIRONMENT DAY: PEOPLE FIRST
We live in a hyper connected world, where asphalt, haste and new technologies mark the rhythms of a frenetic life that...
view all blog posts ...
Sustainability Roadmap
Learn about APP’s commitments to environmental performance, biodiversity conservation and the protection of community rights.
Learn More
view all videos ...
Give us Your Feedback
APP welcomes feedback on its sustainability efforts. Your comments will help us improve.
Give Feedback